TROPEDO.ID – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Riza Herdavid dan Wakil Bupati Debby Vita Dewi, terhadap sektor nelayan dan pertanian semakin tak terbantahkan. Bukan hanya sekadar janji-janji, mereka telah membuktikannya dengan tindakan nyata.

Siang ini, Riza dan Debby bersama jajaran kabinetnya turun langsung ke Desa Rias, Kecamatan Toboali, untuk menyalurkan bantuan sarana dan prasarana pertanian yang sangat dibutuhkan oleh para kelompok tani dan nelayan setempat. Acara ini berlangsung pada Jum’at, (6/10/2023).

Bantuan ini bukanlah hal kecil. Nilainya mencapai puluhan miliar rupiah dan merupakan hasil kerja keras Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk memberikan dukungan yang substansial bagi para nelayan dan petani, sehingga mereka dapat lebih semangat dalam menjaga ketahanan pangan di daerah ini.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, menjelaskan dengan bangga, “Bantuan ini kita dapatkan dari pemerintah pusat, termasuk juga bantuan pupuk cair. Pastinya, bantuan ini akan terus kita awasi sehingga pembagiannya tepat sasaran, tepat guna, dan tepat manfaatnya.

Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp 33,9 miliar. Namun, yang patut dicatat adalah bahwa bantuan tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang tunai, melainkan dalam bentuk barang sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok tani dan nelayan.

“Bantuan kita bagikan hampir ke seluruh desa maupun kelompok tani dan nelayan yang tersebar di Kabupaten Bangka Selatan,” tambah Riza.

Bupati Riza Herdavid sangat berharap bahwa kelompok tani dan nelayan yang menerima bantuan ini akan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Dia menekankan bahwa bantuan yang mereka terima bukanlah untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk kepentingan bersama, baik itu petani maupun nelayan.

“Bantuan yang diterima bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk kepentingan anggota kelompok bersama baik itu petani maupun nelayan. Karenanya, manfaatkan bantuan yang diterima dengan sebaik mungkin untuk kebutuhan bersama,” pesan Riza.

Tindakan ini tidak hanya berarti bagi nelayan dan petani di Kabupaten Bangka Selatan, tetapi juga mencerminkan komitmen serius Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung sektor pertanian yang sangat penting. Dengan semangat dan dukungan yang kuat, diharapkan sektor ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat bagi banyak orang.