TROPEDO.ID — Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Polairud) Polres Basel, telah melaksanakan patroli di perairan Laut Bantil. Kegiatan tersebut merupakan respons atas laporan masyarakat terkait aktivitas kapal trol dan compreng yang mencari ikan di wilayah laut tersebut. Selasa, (27/2/2024).

IMG 20240227 WA0049

Kepala Bidang Operasional (KBO) Sat Polairud Polres Basel, Ipda Reno Iskandar, memimpin patroli ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. “Kami hari ini melaksanakan patroli menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya kapal trol dan compreng yang mencari ikan di wilayah laut Bantil,” ujar dia.

IMG 20240227 WA0052

Patroli dilakukan dengan melibatkan 8 personil yang terlatih dan kompeten, menggunakan kapal patroli jenis C3. Meskipun dilakukan dengan penuh kesigapan, dari hasil patroli yang dilakukan, tidak ditemukan adanya kapal trol yang melakukan penangkapan ikan di laut Bantil, seperti yang dilaporkan masyarakat.

Dalam proses patroli, Sat Polairud Polres Basel berhasil menemukan 3 unit kapal compreng yang sedang berlabuh di laut Bantil. Alasan yang dikemukakan oleh para awak kapal adalah untuk menghindari ombak besar. “Namun demikian, kapal-kapal tersebut tidak melakukan aktivitas penangkapan ikan,” terang Ipda Reno.

Ipda Reno Iskandar menyampaikan bahwa atas izin Kapolres Basel, pihaknya memberikan himbauan kepada para awak kapal yang berlabuh di laut Bantil. Himbauan tersebut memberikan pengingat akan pentingnya menjaga keberlangsungan ekosistem laut dan mematuhi segala aturan yang berlaku dalam penangkapan ikan.

Dengan demikian, patroli yang dilakukan oleh Sat Polairud Polres Basel hari ini tidak hanya sekadar menindaklanjuti laporan masyarakat, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan serta menegakkan hukum di perairan laut,” tutup Ipda Reno.(Ra)